Sabtu, 08 Juni 2013

KLASIFIKASI JARINGAN KOMPUTER


KLASIFIKASI JARKOM BERDASARKAN :
        A. Skala               : 
1.Local Area Network (LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.
2. Metropolitan Area Network (MAN) adalah Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya.
3.Wide Area Network (WAN)  merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

4. Campus Area Network (CAN) Sebuah jaringan kampus, jaringan kampus daerah, jaringan area perusahaan atau bisa adalah sebuah jaringan komputer terdiri dari interkoneksi jaringan area lokal.

B.Sumber data     :
  1. Jaringan terpusat Jaringan ini terdiri dari komputer klien dan peladen yang mana komputer klien yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer peladen.
2.      Jaringan terdistribusi Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer peladen yang saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.

C.Fungsinya          :
1. Client server: jaringan dimana komputer client bertugas melakukan permintaan data dan server bertugas melayani permintaan tersebut.
2. Peer to peer:  jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Sesuatu tekhnologi sharing resource dan service antara satu computer dan computer yang lain yang berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.
        D.Media trasmisinya     :
1. Jaringan Berkabel adalah kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar computer jaringan.
2. Jaringan Nirkabeli adalah transfer informasi antara dua atau lebih titik yang tidak terhubung secara fisik, sehingga menggunakan sinyal wifi.

          E.topologinya              : 1. Topologi bus / Linear
  2. Topologi Ring
  3. Topologi Star
  4. Topologi tree / Hierarkhi
  5. Topologi mesh/ Jala
Syarat Komputer untuk Akses Internet:
1.      Kapasitas Komputer:
Kapasitas computer Pentium III yaitu
Prosesor minimal :2.0 GHz
Hardisk minimal : 64 MB
RAM : 32 MB-64 MB
2.      Softwere :
3.      ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan yang memberikan jasa kepada masyarakat untuk mengakses internet.
4.      Peran ISP:
-Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet.
-Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
-Menyediakan modem untuk dial-up.
-Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).
-Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
-Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via internet.
-Memberi tempat untuk homepage.
-ISP melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya.
5.      Contoh ISP di Yogyakarta:
uii.net.id – (0274) 555 888
intersat.net.id – (0274) 450525
citra.net.id – (0274)-554444
terabit.web.id – (0274) 6915335, (0274) 588354

Tidak ada komentar:

Posting Komentar